Dalam tubuh kita terdapat anggota-anggota yang masing-masing memiliki fungsi sendiri-sendiri. Mata untuk melihat hidung untuk mencium, telinga untuk mendengar, tangan yang memegang, kaki untuk berjalan dan lain-lain yang jumlahnya banyak sekali. Ini merupakan nikmat Allah yang harus kita syukuri, yaitu dengan memanfaatkan organ-organ tersebut sesuai fungsinya.Namun selama ini jarang sekali yang berfikir bagaimana anggota-anggota tersebut bekerja, dari semua organ-organ tersebut pasti ada pusat tata suryanya, ternyata pusat tata surya tubuh kita adalah kepala (otak), terbukti jika manusia dipotong tangannya masih bisa hidup, di ambil jantungnya, ginjalnya, masih tetap bisa hidup, tapi jika manusia dipotong kepalanya pasti akan mati.

Oleh karenanya penulis ingin mengulas apa sih otak yang memiliki fungsi yang sangat penting itu? Sampai semua anggota tubuh bergerak atas perintah otak.

Otak kita yang ajaib

Allahu akbar, ketika kita mengetahui bagaimana sebenarnya otak kita, kita tidak bisa bayangkan seberapa besar nikmat Allah yang diberikan kepada kita.

Menurut pakar neuro science otak kita memiliki satu triliyun sel, bahkan ketika bayi memiliki lima puluh triliyun sel, karena sering terjadi benturan, sering dibentak waktu kecil otak anak waktu demi waktu berkurang hingga waktu dewasa tinggal satu triliyun. Dari satu triliyun tersebut seratus milyar sel saraf aktif atau disebut neuron, sembilan ratus milyar sel lain yang merekatkan, memelihara  dan menyelubungi sel aktif. Setiap saru dari seratus milyar neuron dapat tumbuh bercabang hingga 20.000.

Otak kita memiliki berat 1,5 kg atau 2 persen berat tubuh, bahan bakarnya glukosa + O2, O2 yang hingga 20 persen.

Selama ini rata-rata manusia menggunakan kemampuan otaknya hanya 4 persen. Sedangkan Einsten sang penemu relativitas menggunakan kemampuan otaknya 8 persen.

Menurut Paul McLean otak dipandang dari samping dibagi menjadi tiga, yaitu :

  1. Batang/ otak reptilia yang berfungsi sebagai motor sensorik, kelangsungan hidup seperti makan, tempat tingggal serta menggarakkan sikap untuk menghadapi atau lari.
  2. sistem Limbik atau otak mamalia yang berfungsi mengatur perasaan atau emosi seseorang, untuk memori, bioritmik seperti jantung, sex, lapar, tidur, serta mengatur pada sistem kekebalan.
  3. neo Korteks atau otak berfikir yang berfungsi untuk berfikir intelektual, untuk penalaran, prilaku waras, bahasa, neo korteks juga merupakan otak kecerdasan yang paling tinggi, disamping itu juga sebagai penentu keputusan, sebagai kendali motorik sadar dan spiritual serta otak yang ideal yaitu sebagai pembuat gagasan nonverbal.

 

Menurut Roger Sperry otak dilihat dari samping dibagi menjadi dua bagian, yaitu otak kori dan otak kanan, oatak kiri adalah otak rasional yang memiliki kekuatan enam jam, sedangkan otak kanan adalah otak acak yang memiliki kekuatan mengingat 1600 sampai 3000 kali otak kiri.

Perbedaan otak kanan dan otak kiri sebagai berikut :

Otak Kiri :

  1. merupakan otak logika/ berfikir logis seperti matematika, fisika, hukum, serta alam.
  2. berfikir rasional serta melacak seperti eksperimental dan accounting.
  3. otak yang berfikir secara teratur seperti dalam hal manajemen.
  4. puntuation, yaitu sebagai pengendali bahasa.
  5. menulus dan membaca merupakan kegiatan yang digerakkan oleh otak kiri.
  6. otak yang berhubungan dengan auditory, yaitu otak yang berkaitan dengan mendengarkan seperti khutbah atau melihat seperti menonton.
  7. berpikir pada hal-hal yang detail seperti pada hal kausalitas/ sebab-akibat.
  8. berfikir pada kenyataan-kenyataan.
  9. phoenetics simbol yang mendeteksi nada-nada.
  10. grammar yang berfikir pada ranah linguistic
  11. captain sebagai otak yang menginstrukdikan.

 

Otak Kanan

  1. otak yang berfikir acak
  2. tidak teratur
  3. indrawi seperti perasaan ibu dan anak
  4. khayalan
  5. agama yang di wujudkan dalam do’a
  6. otak spontan
  7. non verbal
  8. pengendali emosi
  9. merupakan pengatur kesadaran
  10. ekspression
  11. pengatur pola musik
  12. seni suara
  13. visual
  14. kreativitas
  15. crew yang merampungkan tugas-tugas captain.

 

Dari perbedaan tersebut kita bisa membedakan kita termasuk dominan yang kanan atau yang kiri. Orang yang cenderung domonan otak kiri akan berperilaku disiplin, berfikir logis serta serius, sedangkan orang yang cenderung dominan otak kanan dai berperilaku acak seenaknya sendiri, sulit diatur.

Selama ini guru-guruindonesiakhususnya menganggap bahwa orang yang dominan otak kiri yang disebut anak cerdas, karena tingkah lakunya sopan dan rapi. Sedangkan anak yang cenderung ke otak kiri biasanya disebut sebagai anak nakal.

Orang yang bisa menyeimbangkan antara otak kanan dan kiri akan menjadi orang yang sempurna karena bisa berpikir logis serta bisa mememory jangka panjang.

Otak merupakan pusat kecerdasan kita, oleh karena itu kita harus bisa mengusahakan keamanan otak sejak kecil. Sebab dimasa-masa itulah otak berkembang, yaitu masa prenatal hingga anak berumur 12 tahun.

Demikian penguraian penulis tentang perihal otak, sebenarnya atak adalah sesuatu yang ajaib yang tak akan habis-habis dibahas, oleh karenanya pembahasan kali ini dicukupkan sampai disini, terima kasih.